Perempuan Mengambil Jurusan Teknik, Siapa Takut?

Pilihan Jurusan di Fakultas Teknik dan Peluang Kerjanya


Sumber gambar: Canva


Dikenal sebagai fakultas yang mayoritas mahasiswanya adalah laki-laki, ternyata Fakultas Teknik juga bisa diminati oleh perempuan loh. Meskipun di dalamnya perempuan masih menjadi minoritas, semua jurusan di Fakultas Teknik tetap membuka kesempatan yang sama kepada perempuan untuk mempelajari dan berkarir di bidang teknik. Yuk simak jurusan-jurusan di Fakultas Teknik yang bisa dijadikan referensi untuk para calon mahasiswi!


Teknik Informatika

Di beberapa kampus, jurusan Teknik Informatika memiliki jumlah mahasiswa perempuan lebih banyak dibanding laki-laki. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang bahasa pemrograman, pengembangan software, dan teknologi jaringan komputer. Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari adalah metode numerik, kalkulus, statistik, algoritma dan pemrograman, jaringan komputer, pemrograman jaringan, rekayasa perangkat lunak, cloud computing, machine learning, dan big data.


Lulusan dari jurusan ini akan mendapatkan gelar S.T (Sarjana Teknik) atau S.Kom (Sarjana Komputer), tergantung kebijakan kampus masing-masing. Dari sini, kamu bisa berkarir sebagai software engineer, web developer, system analyst, data scientist, guru atau dosen, hingga konsultan teknologi informasi, cocok dengan permintaan industri yang semakin memerlukan tenaga kerja di bidang teknologi informatika.


Teknik Kimia

Jurusan Teknik selanjutnya yang diminati oleh perempuan adalah Teknik Kimia. Bukan hanya ilmu Kimia, kamu juga akan mempelajari berbagai ilmu lain seperti Biologi, Fisika, Matematika, sampai Ekonomi. Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari yaitu kimia dasar, fisika dasar, kalkulus, matematika teknik kimia, termodinamika, mikrobiologi industri, pengelolaan limbah industri, mekanika fluida, perpindahan kalor, manajemen industri kimia, ekonomi teknik kimia, dan teknologi produk.


Ketika kamu lulus dari jurusan ini, kamu akan mendapatkan gelar S.T atau Sarjana Teknik. Dari sini kamu dapat berkarir sebagai ahli kimia, ahli kesehatan dan keselamatan lingkungan, food scientist, teknisi laboratorium, guru atau dosen, hingga berkecimpung di bidang quality control produk-produk sebelum ke diluncurkan ke pasaran.


Teknik Industri Pertanian

Jurusan di Fakultas Teknik lain yang biasa diminati oleh perempuan adalah Teknik Industri Pertanian yang memiliki peminatan Teknologi Pangan. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari teknik pengolahan hasil pertanian dan peternakan menjadi produk siap dikonsumsi. Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari yaitu, kimia pangan, kimia organik, rekayasa proses pangan, teknologi fermentasi pangan, analisis pangan, teknologi pengolahan pangan, jaminan mutu pangan, sistem jaminan halal, dan inovasi pangan.


Kamu akan mendapatkan gelar S.T.P atau Sarjana Teknologi Pangan setelah menyelesaikan studimu di jurusan ini. Dari sini, kamu dapat berkarir sebagai pengembang produk pangan, peneliti bidang pangan, konsultan gizi dan pangan, quality control, guru atau dosen, pengusaha, hingga quality assurance.


Itu dia beberapa pilihan jurusan yang bisa dipilih oleh perempuan yang berminat masuk ke Fakultas Teknik. Semoga bermanfaat!


#YayasanKhouwKalbe #BeasiswaPendidikan #BeasiswaPerempuan #PerempuanBerdaya

#BeasiswaDJITU #BeasiswaBESTARI