Berita & Media

Seringkali proses rekrutmen beasiswa mengandung tahap penulisan esai – baik itu di awal maupun di tengah proses –  tujuannya agar pihak pemberi beasiswa lebih mengenal  kemampuan para calon penerima beasiswa Meskipun namanya sama-sama esai, menulis esai beasiswa dengan esai untuk tugas kuliah atau sekolah tidak sama, SahabatKK. Hal ini dikarenakan esai beasiswa juga menjadi wadah untuk menunjukkan kepribadian serta kemampuanmu dalam menyampaikan sebuah ide serta bagaimana kamu bisa merespon suatu masalah. 

Menurut hasil riset dari Central Connecticut State University pada Maret 2016, Indonesia menempati urutan 60 dari 61 negara dengan minat baca yang tinggi (S. Gunawan, 2016). Artinya, minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Namun, Indonesia selalu mengalami peningkatan tingkat kegemaran membaca (TGM). Data yang diperoleh dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menunjukkan tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia tahun 2022 mengalami kenaikan sebanyak 7,4% dari tahun sebelumnya (Kepala Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, 2019).

Apa yang terlintas di benak kamu tentang tanggal 14 Februari? Kebanyakan orang, dan mungkin juga kamu, langsung teringat akan Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang. Perayaan ini biasanya identik dengan menghadiahkan cokelat atau bunga ke orang yang dikasihi, seperti teman dan keluarga. Namun di tengah euforia perayaan berbagi ungkapan kasih sayang ke sesama, terkadang kita sebagai manusia suka lupa untuk menyayangi diri sendiri.

Jurusan Sistem Informasi (SI) adalah salah satu jurusan di bidang Ilmu Komputer yang fokus pada pengembangan dan penerapan teknologi informasi dalam konteks bisnis dan organisasi. Singkatnya jurusan ini menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Lalu apakah jurusan Sistem Informasi sama dengan jurusan Teknik Informatika dan jurusan Ilmu Komputer?

P2GP, atau singkatan dari Pemotongan dan Pelukaan Genitalia Perempuan, adalah sebuah praktik yang sudah sering terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Survei Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan mencatat bahwa 51% anak perempuan Indonesia berusia 0-11 tahun adalah korban dari praktik bahaya ini. Tapi tahukah kamu bahwa P2GP seharusnya tidak diwajarkan?

Tiba-tiba Diminta Cerita Saat Wawancara? Gunakan Metode STAR untuk Mempermudah Kamu!

Sesi wawancara dilakukan untuk mengulik lebih lanjut mengenai peserta wawancara, baik itu karakternya, kesesuaian dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan maupun  organisasi. Maka itu, pertanyaan yang diajukan di wawancara juga bukan sebatas menanyakan tentang pengetahuan kandidat seputar organisasi saja, tapi juga bisa untuk mengetahui bagaimana cara kandidat mengatasi masalah. Tapi ketika SahabatKK mendapat pertanyaan tentang pengalaman di masa lalu, bukan berarti sesi wawancara jadi sesi curhat ya.

#KaryaSahabatKK: Puisi 'Menyusu di Jasad Ibu' karya Angga Nur Adji

Baca ungkapan sayang Angga Nur Adji, peraih Beasiswa Bakti Tani oleh Yayasan Khouw Kalbe, kepada ibunya yang dituangkan dalam puisi berjudul 'Menyusu di Jasad Ibu'. Puisi ini juga sukses mengantarnya menjadi Juara 3 Talent Show dalam acara SahabatKK Year End Gathering 2023.

Halo SahabatKK! Namaku Nurul Aisyah HI Mustafa. Aku berasal dari sebuah daerah yang terkenal dengan keindahan danau berpasirnya yaitu Poso, Sulawesi Tengah. Sekarang aku mahasiswi tahun pertama di Universitas Tadulako Palu, jurusan Kesehatan Masyarakat.

SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) 2024 sudah tinggal hitungan hari. Untuk SahabatKK yang akan mengikuti tes tersebut, gimana persiapannya? Simak obrolan dan pengalaman dari Adinda Putri Sarah Wibowo (penerima Beasiswa Bakti Tani 2022) dan Farhana Cahya Amalina Widagdo (penerima Beasiswa BESTARI Batch 1) dalam program NGOCEH #10: ‘Sukses Persiapan SNBT, Pasti Bisa!’

Kuliah di jurusan farmasi nanti kerjanya ya di apotek…”

“Kuliah di jurusan farmasi itu kerjaannya cuma ngeracik obat…”


Buat kamu yang sedang berkuliah atau berencana kuliah di jurusan Farmasi, pasti sudah tidak asing dengan pernyataan seperti ini. Memang, masih banyak yang beranggapan lulusan Farmasi nantinya akan kerja di apotek dan hanya meracik obat. Tapi sebetulnya apa yang dipelajari di jurusan Farmasi lebih luas dari sekedar meracik obat loh. Yuk, kita bahas!

Rakyat adalah kekuatan suatu bangsa. Terlepas dari ketidakadilan dan stereotip gender yang ada, perempuan Indonesia tetap aktif memberdayakan komunitasnya melalui banyak cara. Dari menjaga kelestarian kearifan lokal, memperkaya kemajemukan yang ada, dan mengadvokasi hak-hak mereka. Simak artikel ilmiah Kardilla, penerima beasiswa BESTARI Batch 1 dari Sulawesi Tenggara, yang menelusuri peran penting dari perempuan Indonesia dalam membangun negeri.

Seleksi berkas dan akademik sudah dilalui, sekarang tinggal selangkah lagi menuju salah 1 penerima beasiswa BESTARI Batch 2, Tes Wawancara. Di tahap terakhir yang menentukan apakah kamu akan menjadi salah satu dari 150 penerima beasiswa, persiapan harus dilakukan dengan matang dan tidak tergesa-gesa. Nah sambil menunggu hari H wawancara, ada tips-tips yang bisa kamu baca (spesial dari Tim Yayasan Khouw Kalbe) untuk membantu kamu lebih siap untuk wawancara!

Tugas, karya ilmiah, dan skripsi bertujuan untuk melihat gagasan dan ide dari seorang pelajar atau mahasiswa, maka itu tindakan plagiarisme atau menjiplak harus dihindari supaya memastikan apa yang ditulis asli dari pemikiran. Lalu, apabila kita mau memasukkan fakta atau definisi untuk mendukung serta memperkuat argumen, bagaimana ya caranya supaya tidak terhitung plagiat? Cari tahu di artikel ini yuk supaya bisa membantu menurunkan skor plagiasi kamu!

Perempuan kerap kali dianggap sebagai kaum yang lemah dan harus tunduk kepada standar masyarakat. Dianggap 'selalu benar' namun jarang dihargai di saat yang bersamaan. Puisi karya Ria Rizky, penerima beasiswa BESTARI Batch 1, ingin mewakili perasaan para perempuan yang direndahkan dan diremehkan. Ria harap, puisi ini dapat menyampaikan pesan bahwa menjadi perempuan tidaklah mudah di tengah pandangan negatif serta diskriminasi dari masyarakat. 

“Ngapain ikut organisasi, buang-buang waktu aja. Belajar aja udah capek masa ditambahin kegiatan lain lagi.”

“Gak mau ikut organisasi soalnya kemampuan aku belum bagus, pasti pas daftar gak keterima.”

“Apa sih manfaatnya ikut organisasi? Kalau cuma ketemu temen doang, di kelas juga ketemu.”

Simpan dulu yuk pikiran-pikiran tersebut, mari simak cerita dari salah satu penerima beasiswa Generasi DJITU Yayasan Khouw Kalbe, Tessa Nathalia Tjoadri asal Kalimantan Barat, tentang dampak positif yang ia rasakan dari aktif berorganisasi.

Laporan Statistik Indonesia (via katadata) mencatat bahwa per tahun 2022, Indonesia sendiri memiliki 3.107 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh negeri. Dari ribuan perguruan tinggi tersebut, S1 masih menjadi pilihan terfavorit bagi para siswa sekolah menengah yang ingin melanjutkan pendidikan tingginya. Nah, buat kamu yang lagi kebingungan menentukan pilihan jenis antara Strata 1 (S1) atau Diploma, yuk kita coba bedah perbedaan keduanya!

Tahun baru biasanya erat dengan aktivitas menyusun resolusi untuk dilakukan di tahun tersebut. Biasanya berupa kebiasaan baru, keinginan untuk mendapat sesuatu, atau menghilangkan kebiasaan lama yang buruk. Tapi dalam praktiknya, banyak orang yang hanya berapi-api di awal lalu berhenti di tengah jalan. 

Halo SahabatKK! Namaku Nurull Aliyyah Azizah, biasa dipanggil Aliya. Aku adalah mahasiswi semester 5 di Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur sekitar 2 jam dari kota asalku, Balikpapan. Di sana, aku mengambil kuliah S1 Farmasi. Kali ini, aku mau cerita sedikit tentang bagaimana aku bisa sampai ke titik ini.

Pada tanggal 27 Desember 2023, para penerima dan alumni Beasiswa Yayasan Khouw Kalbe berkumpul di Zoom dalam acara “SahabatKK Year End Gathering 2023”. Lebih dari 150 SahabatKK sudah siap di Zoom pada jam 16.00 WIB dengan atribut daerah mereka yang keren-keren.

Kamu insecure melihat konten rangkuman momen 2023 di sosial media? Merasa 2023 nggak ngapa-ngapain? Tidak perlu berkecil hati, coba ambil kertas dan alat tulis kamu sambil membaca artikel ini.

Halo SahabatKK, liburan akhir tahun kamu ngapain nih? Jalan-jalan ke tempat wisata? Pulang ke kampung halaman? Atau di rumah saja? Tidak bisa keluar rumah bukan halangan untuk menikmati waktu libur. Mari rayakan hangatnya kebersamaan akhir tahun dengan menonton 3 rekomendasi film bertema keluarga dari YKK.

Cerita SahabatKK kali ini berkisah tentang semangat pantang menyerah Indah Permata Sari, peraih beasiswa BIMA 2021. Putus sekolah tidak mengubur harapannya untuk terus mewujudkan keinginannya mengenyam pendidikan tinggi. Berbekal kegigihan, keyakinan, serta doa Ibu dan Nenek, mengantarkan Indah selangkah lebih dekat ke impiannya.

Per tahun 2017, Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional) mengeluarkan data penyebab anak perempuan putus sekolah yang didominasi oleh faktor ekonomi (30,68%) dan pernikahan dini (12,27%). Hal ini menunjukkan bahwa semakin rendah tingkat perekonomian, maka potensi untuk putus sekolah akan semakin besar. Selain itu, (...)

Selamat untuk SahabatKK yang sudah melewati seleksi administrasi, tahap pertama dari beasiswa BESTARI Batch 2! Sekarang berarti Tes Akademik sudah di depan mata, sudah seberapa siapkah kamu?

Kamu tertarik dengan jurusan kuliah Kebidanan tapi masih belum yakin? Yuk cari tahu melalui  Instagram live NGOCEH episode #8 “Bedah Kuliah Jurusan Kebidanan”! 

Setiap tanggal 9 Desember 2023 diperingati sebagai Hari Pembela HAM Sedunia sejak diperkenalkan pertama kali dalam Deklarasi PBB tentang Pembela HAM dan disetujui oleh Sekretaris Jenderal PBB pada 9 Desember 1998 menurut situs Komnas Perempuan. Mari rayakan Hari Pembela HAM Sedunia dengan membaca kisah 7 pejuang HAM di artikel ini yang tanpa lelah menegakkan keadilan untuk masyarakat.

Dengan status sebagai pelajar atau mahasiswa pun, kamu juga bisa membantu menghapus masalah sosial ini. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Halo SahabatKK, tahukah kamu kalau setiap tanggal 3 Desember dirayakan sebagai Hari Disabilitas Internasional?  Kita bisa turut mendukung mewujudkan tujuan di atas dengan langkah-langkah mudah dalam kehidupan sehari-hari loh, SahabatKK. Yuk simak caranya di artikel ini

TRIGGER WARNING: Artikel ini mengandung pembahasan tentang Kekerasan. Bagi teman-teman yang tidak nyaman dengan topik tersebut, dimohon untuk tidak membaca artikel ini.

Perkembangan teknologi dan media massa membuat informasi mengenai isu-isu yang terjadi masyarakat semakin mudah disebarluaskan dan diakses. Termasuk edukasi tentang masalah sosial seperti kekerasan. Namun, tindak kekerasan masih saja terjadi di masyarakat, bahkan sampai menyebar ke ranah online.

Pada tanggal 18-19 November 2023, 13 peraih beasiswa BESTARI Batch 1 menjadi perwakilan dalam acara ‘Regional Webinar & National Dialogue on Youth Actions Against Child Marriage and Harmful Practice‘ yang diadakan oleh UNFPA Indonesia. Tidak hanya ber-13, mereka juga ditemani oleh Kak Khoirun Mumpuni selaku Project Manager Yayasan Khouw Kalbe. Intip yuk apa saja yang dilakukan teman-teman Delegasi BESTARI Batch 1 selama di Bali!

Perempuan Masuk Jurusan Teknik, Siapa Takut? Pilihan Jurusan di Fakultas Teknik dan Peluang Kerjanya 

Dikenal sebagai fakultas yang mayoritas mahasiswanya adalah laki-laki, ternyata Fakultas Teknik juga bisa diminati oleh perempuan loh. Meskipun di dalamnya perempuan masih menjadi minoritas, semua jurusan di Fakultas Teknik tetap membuka kesempatan yang sama kepada perempuan untuk mempelajari dan berkarir di bidang teknik.

Kita kerap kali mendengar bahwa hobi adalah aktivitas yang dianggap tidak penting karena dilakukan hanya untuk kesenangan saja dan tidak bisa menghasilkan apa-apa. Tapi, tahukah kamu bahwa ada hobi yang bisa memberikan manfaat untuk pengembangan diri kamu juga. Pas juga nih untuk membantu kamu menentukan resolusi tahun baru karena sudah menjelang pergantian tahun.

Menjelang akhir tahun sebagai pergantian semester, seorang siswa SMA tahun terakhir biasanya sudah mulai mencari-cari informasi tentang perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikannya. Ingin berkuliah di jurusan apa, cara masuknya bagaimana, hingga pilihan Universitas yang ada. Berbicara soal perguruan tinggi, ternyata bukan hanya Universitas yang bisa kamu pilih untuk meraih gelar sarjana. Tapi ada juga yang namanya Sekolah Tinggi, Institut, dan Politeknik. Yuk, kita bahas satu-persatu!

Tanggal 14 November 2023 kemarin, pendaftaran BESTARI Batch 2 sudah ditutup. Apakah SahabatKK sudah ada yang tidak sabar untuk menunggu hasil seleksi administratif? Daripada cemas-cemas, MinKK mau mengajak SahabatKK untuk jalan-jalan ke masa lalu nih, ke BESTARI Batch 1! 

Pada tanggal 4 dan 11 November 2023, para SahabatKK peraih beasiswa Yayasan Khouw Kalbe mengikuti pelatihan wajib di aplikasi Zoom yang bertajuk “Boost Your Leadership Skills” dengan narasumber Kak Irwan Sujarwo, seorang pelatih NLP yang sudah tersertifikasi. 

Pendidikan adalah salah satu bagian terpenting bagi manusia agar bisa berkembang hingga membentuk kepribadian yang baik. Sebagai salah satu proses yang berkelanjutan, pendidikan menjadi sarana untuk mewujudkan generasi masyarakat yang berkualitas di masa depan, yang mampu membawa suatu bangsa kepada kondisi yang lebih baik.

“Pengen deh, kuliah yang peluang kerjanya ngga melulu kerja di kantoran…” Kamu pernah berpikiran seperti ini? (...)

Jurusan perikanan itu nanti belajar tentang ikan? Kerjanya berarti jadi nelayan saja?”

Pernahkah kamu mendengar tentang jurusan Perikanan? (...)

Katanya, rahasia itu harus disimpan rapat-rapat. Tapi, kalau Rahasia Lolos BESTARI harus banget diketahui, SahabatKK! (...)

Kabar gembira untuk teman-teman pencari beasiswa, tenggat waktu pendaftaran untuk BESTARI Batch 2 diperpanjang sampai (...)

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan SahabatKK yang ingin mendaftar program beasiswa BESTARI Batch 2, Yayasan Khouw Kalbe menyelenggarakan (...)

Dianggap sebagai jurusan untuk si anti Matematika, jurusan IPS di SMA ketika kuliah bisa mengambil beberapa pilihan fakultas lain yang berhubungan dengan bidang mereka tanpa harus banyak bertemu angka seperti (...)

Memilih jurusan kuliah memang terkadang menjadi bagian yang paling membingungkan bukan? Salah satu tips yang bisa kamu pakai adalah (...)

Dalam proses pendaftaran beasiswa, ada serangkaian prosedur yang harus kamu ikuti supaya data kamu diterima dan masuk seleksi calon penerima. Seperti (...)

Dalam rangka memperingati Hari Anak Perempuan Sedunia 2023, 4 teman-teman peraih beasiswa BESTARI (Beasiswa Untuk Anak Perempuan Indonesia) Batch 1; Carmelia Winnie Joceline, Atikah Ratna Sari, Ade Nurchalisa, dan Mulyana membagikan insight mereka mengenai sebuah realita getir di Indonesia (...)

Bisa melanjutkan pendidikan hingga jenjang sarjana menjadi impian bagi banyak orang. Apalagi, saat ini begitu banyak lembaga, perusahaan, hingga institusi yang menyediakan beasiswa untuk (...)

Ketika memasuki dunia perkuliahan, ada banyak sekali istilah baru yang harus kita pahami. Salah satunya adalah (...)

Setelah dinyatakan lulus di jurusan dan kampus yang kamu impikan, selamat! Kamu telah memasuki babak baru dan beralih dari siswa menjadi mahasiswa. Memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi kamu akan menemukan banyak sekali (...)

Salah satu tahapan yang akan kamu lewati ketika mendaftar beasiswa adalah proses wawancara. Dalam sesi ini, biasanya pewawancara akan memberikan beberapa pertanyaan untuk (...)

Kalau kamu sudah sampai pada tahap wawancara dalam seleksi beasiswa, Selamat! Ini menjadi langkah terakhir apakah (...)