5 Jenis Hobi yang Bermanfaat untuk Kamu Miliki

Sumber gambar: Canva


Kita kerap kali mendengar bahwa hobi adalah aktivitas yang dianggap tidak penting karena dilakukan hanya untuk kesenangan saja dan tidak bisa menghasilkan apa-apa. Tapi, tahukah kamu bahwa ada hobi yang bisa memberikan manfaat untuk pengembangan diri kamu juga. Pas juga nih untuk membantu kamu menentukan resolusi tahun baru karena sudah menjelang pergantian tahun.


Hobi yang menghasilkan karya (contoh: menggambar, desain grafis, menulis, merajut, dan fotografi) bisa menjadi wadah untuk kamu mengekspresikan diri karena kreativitas sendiri tidak ada batasannya. Poin plusnya, semakin kamu sering melakukan hobi ini, kemampuanmu di bidang seni juga dapat meningkat. Bisa saja pada awalnya kamu hanya bisa menggambar benda sederhana, lalu berkembang jadi menggambar pemandangan atau bahkan wajah manusia yang realistis.


Menghasilkan uang sering dikaitkan dengan kegiatan yang membosankan, namun kamu juga tetap bisa melakukan hal yang kamu sukai dan tetap mendapat uang sebagai imbalan. Apabila kamu suka berkreasi di dapur atau membuat kerajinan tangan yang lucu, hasilnya dapat kamu jual dan siapa tahu, bisa dijadikan pekerjaan utama kamu di masa mendatang. Selain luring, ada hobi-hobi daring yang bila dilakukan secara konsisten dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Contohnya adalah menjadi content creator, menjual hasil foto kamu di situs yang menerima stock photos, dan membuka jasa gambar/desain grafis.


Meningkatkan kondisi kesehatan kamu tidak harus selalu dengan melakukan 50 sit-up dan lari 1km setiap hari. Ada banyak jenis aktivitas fisik lain seperti menari, bersepeda, berjalan kaki yang bisa kamu lakukan sambil mendengarkan lagu yang kamu sukai, atau bisa juga kamu lakukan di rumah melalui video-video YouTube. Bukan hanya aktivitas fisik yang dapat menyehatkan kamu, hobi memasak juga bisa menyehatkan kamu ketika kamu mencoba resep-resep makanan sehat.


Sebagai makhluk sosial, manusia tetap membutuhkan interaksi dengan manusia lain selama hidupnya, apalagi kalau misalnya interaksi tersebut dapat memperluas relasi kamu hingga kamu dipertemukan dengan teman-teman baik. Kamu tetap bisa bersenang-senang sambil meningkatkan kemampuan sosial kamu dengan mengikuti komunitas sesuai minat kamu dan ikut kelas olahraga. Bukan cuma itu, kamu juga bisa bersosialisasi sambil berkontribusi ke masyarakat dengan mengikuti komunitas remaja/pemuda dan menjadi relawan.


Siapa di sini yang masih menganggap belajar itu tidak menyenangkan? Belajar tidak hanya dapat dilakukan sebatas jam pelajaran di sekolah atau kampus, kamu bisa belajar dengan melakukan hobi-hobi yang dapat menambah wawasan kamu seperti belajar bahasa asing, membaca buku, mengikuti kelas online, dan menonton film dokumenter.


Dari kategori hobi di atas, hobi mana yang paling menarik untuk kamu jalani sebagai resolusi tahun baru nanti? Semoga bermanfaat!


Sumber:


The 5 types of hobbies we all need to develop for self-improvement oleh Village2nation Academy

https://www.linkedin.com/pulse/5-types-hobbies-we-all-need-develop-self-improvement-village2nation/ 

5 Hobi yang Perlu Dimiliki untuk Hidup Bahagia dan Seimbang oleh Eka Amira https://www.idntimes.com/life/diy/amp/eka-amira/hobi-untuk-hidup-seimbang-c1c2?page=all#page-2